Bagaimana Ekonomi Kreatif di Banda Aceh


Nama : Fitri Fauziah
Nim : 1501101010002
Matakuliah: Ekonomi kreatif dan E-commerce

Bagaimana Ekonomi Kreatif Di Banda Aceh

            Sebelum melihat atau membahas bagaimana Ekonomi Kreatif  yang ada di Banda Aceh, terlebih dahulu kita harus mengetahui Apa itu Ekonomi Kreatif.

·         Definisi Ekonomi Kreatif
Ekonomi Kreatif Menurut Para Ahli
1.      Menurut Jhon Howkins
            Howkins (2001) dalam bukunya “The Creative Economy” menemukan kehadiran gelombang ekonomi kreatif setelah menyadari pertama kali pada tahun 1996 ekspor karya hak cipta Amerika Serikat mempunyai nilai penjualan sebesar US$ 60,18 miliar yang jauh melampaui ekspor sektor lainnya seperti otomotif, pertanian, dan pesawat.
            Menurut Howkins ekonomi baru telah muncul seputar industri kreatif yang dikendalikan oleh hukum kekayaan intelektual seperti paten, hak cipta, merek, royalti dan desain. Ekonomi kreatif merupakan pengembangan konsep berdasarkan aset kreatif yang berpotensi meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
2.      Menurut Paul Romer
            Paul Romer (1993), ide adalah barang ekonomi yang sangat penting, lebih penting dari objek yang ditekankan di kebanyakan model-model ekonomi. Di dunia dengan keterbatasan fisik ini, adanya penemuan ide-ide besar bersamaan dengan penemuan jutaan ide-ide kecil-lah yang membuat ekonomi tetap tumbuh.

             Jadi, Berdasarkan dari pengertian diatas  dapat disimpulkan bahwa Ekonomi Kreatif adalah ide-ide atau gagasan baru yang dimiliki oleh perusahaan, pengusaha sukses maupun pengusaha muda dalam menjalankan suatu usaha sehingga usaha yang dijalankan dapat meningkatkan pendapatan.  Biasanya pengusaha atau perusahaan akan membuat ide-ide atau gagasan baru yang menarik sehingga konsumen tertarik untuk membeli barang yang telah diproduksi.

·         Ekonomi Kreatif Banda Aceh
            Para pengusaha-pengusaha di Banda Aceh juga telah banyak menerapkan ekonomi kreatif dalam menjalankan usahanya misalnya saja Warung Kopi. Warung kopi yang awalnya hanya ruko dengan kursi yang berjajar panjang, keadaan suhu ruangan yang panas dan dipenuh asap rokok yang menggempul, dan tempatnya sangat sempit. Kini telah menjadi warung kopi yang berkelas dimana para pengusaha mendesain ruangan dengan seindah san unik mungkin sehingga menjadikannya tempat yang nyaman bagi para konsumennya, warung kopi saat ini memiliki ruang yang luas, udara yang bersih (bebas asap rokok) dan suhu ruangan dingin, serta mereka juga menyediakan Wifi gratis bagi para konsumen. Warung kopi yang dulunya juga sangat melekat dengan kaum lelaki saja sekarang ini sudah tidak lagi karena banyak warung kopi yang menarik konsumen wanita dengan menyediakan fasilitas yang sangat dikagum oleh kaum wanita misalnya saja seni art yang digambar di dinding yang dijadikan sebagai backgrond untuk berfoto, lampu yang terang supaya foto yang dihasilkan lebih bagus dan juga kaca atau cermin besar. Mereka juga meracik kopi yang cocok untuk wanita dengan mengurangi kadar-kadar kafeinnya, memberi nama unik untuk setiap produknya salah satu yang kopi yang di sukai oleh wanita adalah kopi diet (kopi hijau) karena pemberian nama-nama yang unik menyebabkan para konsumen tertarik untuk mencicipi kopi tersebut, dan juga mereka menyediakan bervarian makanan yang menggugah selera. Walaupun banyak variasi-variasi makanan maupun minuman yang disediakan warkop di Banda Aceh juga tidak mengurangi cita rasa dari kopi itu sendiri,  warung kopi di Banda Aceh juga sudah mempromosikan usahanya melalui media sosial, seperti instragram, facebook,  dan twitter. Ekonomi kreatif yang ada dibanda Aceh bukan hanya warung kopi tetapi juga ada pada bidang-bidang lainnya.
Warung kopi kreatif yang ada dibanda Aceh
-Break Time Coffe Shop berada di Jalan Ratu Safiatuddin Nomor 21A, Peunayong
-N.A coffe  berada jalan Tengku Daud Bereueh no 193 A Kota Banda Aceh  
-La Regno berada di Jalan Prada Utama Lr. Delima Timur Nomor 24.
 .


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW WORKSHOW: ASEAN ENTERPRENEURSHIP NETWORK

4 Sharing Olshop Instagram Sukses dan Cisco The Future of Shopping

Seminar Pengusaha Tiongkok Jack Ma Bagaimana Menghadapi Tantangan di masa Depan